Tips membangun Link Building untuk pemula

Link building adalah suatu proses membangun inbound link untuk website anda. Popularitas website atau blog kadang ditentukan oleh jumlah link inbound. Link Building pada dasarnya membantu blog anda menjadi populer dan mendapatkan peringkat pertama di urutan di search engine. Manfaat keseluruhan dari link building adalah bahwa anda mendapatkan banyak lalu lintas (traffic) ke blog dan popularitas menjadi lebih cepat serta merupakan salah satu cara untuk mendapatkan google page rank yang tinggi . Banyak blogger profesional telah mencoba banyak cara untuk membangun link untuk blog atau websitenya bahkan dengan metode blackhat sekalipun. Pada dasarnya membangun link adalah bagaimana alamat link blog anda menjadi tujuan utama terlepas dari berbagai metode yang digunakan. Dalam postingan ini saya akan memberitahu anda tips dasar untuk membangun link atau link building untuk pemula yang baru terjun di dunia blog sphere.
  • Link Exchange (bertukar link):
Ini adalah salah satu metode terbaik untuk bertukar link dengan blogger lain atau dengan webmaster. Anda dapat berbagi link anda dengan blogger lainnya yang mempunyai bahasan yang sama dengan blog atau website anda, dan meminta mereka untuk bertukar link dengan blog anda . Cara ini merupakan cara yang mudah yang dapat dilakukan oleh pemula, satu-satunya hal yang penting dalam bertukar link adalah membangun relasi  antara anda dengan blogger lainnya. Anda hanya perlu sopan bertanya kepada blogger lain yang mempunyai tema yang sama dengan blog anda kemudian membuat link timbal balik antara anda dan blogger tersebut.
  • Membeli link dari situs populer:
Cara ini memang perlu mengeluarkan biaya ekstra bagi seorang blogger pemula, namun metode ini juga bisa membawa lalu lintas pengunjung ke situs Anda. Metode ini perlu untuk menghubungi admin blog untuk membeli ruang atau space di blog mereka, atau anda juga bisa menggunakan jasa broker penjual link yang nantinya akan menghubungkan anda dengan admin blog yang anda tuju.
  • Guest Post (penulis tamu)
Cara ini memang sedikit akan menguras daya kreatif kita untuk mendapatkan link ke blog anda, karena kita di tuntut memberikan postingan yang berkualitas sebagai penulis tamu atau populernya gust post. Harapannya dengan cara ini anda akan mendapatkan link gratis dari blog yang anda menjadi guest post. Usahakan dalam pemilihan blog sebagai guest post carilah yang sudah populer terutama yang mempunyai pagerank tinggi dan traffic pengunjung yang ramai sehingga anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas dan tentunya tambahan traffic pengunjung. 
  • Posting di Forum dofollow:
Daftarkan diri anda di forum dofollow dan gunakan metode ini untuk mendapatkan link dari forum tersebut, dengan cara menyisipkan link blog anda di setiap komentar ataupun postingan di forum tersebut.
  • Menjadi kontributor di Artikel Marketing :
Metode ini memungkinkan anda untuk mendapatkan backlink satu arah ke blog nda, dan mendapatkan ranking yang bagus di search engine. Jika anda benar-benar baik dalam memproduksi artikel informatif dan unik baik, maka hal ini bisa jalan untuk mendapatkan backlink ke situs bnda. Carilah situs-situs artikel directory dan jadilah kontributornya.

Pada dasarnya jika semua metode ini anda lakukan, saya jamin peringkat anda di situs pencarian dan google page rank blog anda akan naik. Tinggal bagaimana keseriusan anda sebagai pemula di dunia blog sphere menjalankan metode di atas setidaknya pilih yang paling mudah di lakukan terlelbih dahulu. Semoga Tips membangun Link Building untuk pemula bermanfaat. Happy blogging :)

108 comments:

  1. Info yg sangat menarik dari cara membangun list building sukses gan selamat berkreasi

    ReplyDelete
  2. sebagai blogger yng bisa dibilang pemula,, hal ini bermanfaat bgt,,,

    -thx-

    ReplyDelete
  3. kebetulan blog saya baru, mungkin bisa mempraktekkan tips ini... :)
    terimakasih tipsnya Mas..

    ReplyDelete
  4. Tips yang bagus.. mohon petunjuknya bagaimana kita bisa mengendalikan link busuk yang mengelink ke website/blog kita..

    ReplyDelete
  5. wah... nais inpoh kang... menambah wacana SEO nih

    ReplyDelete
  6. wah bisa diparektekkan di blogku nih, suwun²

    ReplyDelete
  7. Yang terjadi di blog saya pr nya turun naik dari n/a naik ke pr 2 dan waktu ada update kemarin turun jadi n/a lagi, setelah saya posting 2 kali kembali lagi pr 2, apa google bingung ya?

    ReplyDelete
  8. mas gina cari tau forum forum yang dofollow yah?

    ReplyDelete
  9. ini yang gue cari..... maklum newbie....

    ReplyDelete
  10. nice tips dah.. sementara saya pake cara ke 1 & ke 4 aja dulu.. :)

    ReplyDelete
  11. makasih bos sharingnya tentang membangun backlink

    salam kenal

    ReplyDelete
  12. nice info. artikelnya Menambah wawasan saya. Terima kasih udah disharing ya. Salam kenal.

    ReplyDelete
  13. makasih makasih makasih banyak pokonya ini sharingnya gan.

    ReplyDelete
  14. terima kasih gan buat info backlink nya salam kenal aja gan,,
    dan terima kasih buat blog dofollownya

    ReplyDelete
  15. Blog saya juga dofollow, segera kupraktekkan anjurannya, selamat berkarya.

    ReplyDelete
  16. wah..tipsnya keren sob... thanks...

    ReplyDelete
  17. Makasih sob, nambah pengetahuan...

    ReplyDelete
  18. kunjungan perdana langsung dapat tips yang sangat bermanfaat untuk off page blog saya nich.makasih banyak gan.smoga nulis artikelnya smakin smangat

    ReplyDelete
  19. Makasih ya sharingnya..mau nanya bgmn mengenali forum yg do follow? apakah sama caranya dg mengecek blog yg do follow? maklum pemula..Salam kenal juga dg Didiek

    ReplyDelete
  20. infonya sangat memotifasi saya lagi sob untuk belajar lebih giat lagi. dan bertukar link itu yang lagi saya lakukan sekarang dan menjadi prioritas saya untuk saay ini.

    yang saya masih bingung apakah bertukar link harus dengan blog yang setema jika bertukar link dengan blog yang tidak setema apa resikonya sob??

    mohon pencerahannya ya sob di tunggu

    ReplyDelete
  21. sob yang ingin saya tannya kan klo kita bertukar link dengan blog yang tidak sejenis pembahasannya gimana sob.mohon pencerahannya sob

    ReplyDelete
  22. makasih ea mas...atas informasinya...jangan bosan baca comenq ea hehehehehe

    ReplyDelete
  23. Thanks bro tips2nya.. mau mulai dipraktekin nih..^^

    ReplyDelete
  24. iya bos infonya berguna saya tunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  25. @benny : sebenarnya tidak masalah jika kang benny tukar link dengan tidak setema namun akan memperkuat posisi blog kang benny secara SEO jika bertukar link dengan web/blog yang setema.

    ReplyDelete
  26. @kaos distro : yups caranya hampir sama

    ReplyDelete
  27. semuanya susah...

    mas, ada contoh forum yang dofollow nggak???

    ReplyDelete
  28. lalu apakah ada pengaruh apabila kita melakukan dengan forum atau penulis blog yang berasal dari luar negeri misalnya. (unruk blog berbahasa indonesia) karena tentu saja meskipun setema kita harus menggunakan bahasa asing/inggris.tolong penjelasannya

    ReplyDelete
  29. Makasih. Saya emang lagi nyari backlink nih ;)

    ReplyDelete
  30. In this article I found very different things which are Very characteristic. I have never seen before.Thank you very much for sharing. you are very creative.

    ReplyDelete
  31. trima kasih, saya pendatang baru yang ingin punya blog dan sekarang sedang dalam taraf building

    ReplyDelete
  32. Yaps semua pin diatas bener semua...... Mas. Thanks

    ReplyDelete
  33. Setuju Bos. Segera kupraktekkan, mulai yang mudah dulu. Trimakasih.

    ReplyDelete
  34. makasih tipsnya mas, akan saya coba. kalau jarang posting berpengaruh pada trafik apa gak mas?

    ReplyDelete
  35. info yg bagus, tp gw ga tau harus koment apa,

    ReplyDelete
  36. Wah lengkap juga tutorial tentang link buildingnya. Thanks gan

    ReplyDelete
  37. ... terimakasih, saya newbie harus banyak belajar dari yg lebih senior .

    ReplyDelete
  38. maksih infonya juragan,,, sangat berrmanfaat...
    salam kenal ya...

    ReplyDelete
  39. Lama gak mampir kesini. Rupanya om Mochal masih suka bagi2 tips blogging. Makasih master ^:)^

    ReplyDelete
  40. Kasih dong mas link-link dofollownya :-) makasih

    ReplyDelete
  41. Artikel yang bagus Gan.... sangat berguna pengetahuannnya. Thx

    ReplyDelete
  42. mohon pencerahannya, gimana cara cari forum yang dofollow gan?

    ReplyDelete
  43. Makasih infonya kang. Kang, bgm kalo di blog ini dibuat Guest Post, kan kita bisa dpt bekling dari blog ini.. He2x, makasih ya :)

    ReplyDelete
  44. Makasih ya Artikel yang baik :D Salam.

    ReplyDelete
  45. wah ini mesti perlu belajar banyak sama kawan subagya neh. makasih infonya kawan sangat berguna

    ReplyDelete
  46. yang terakhir tuh ane mash bingung2...... tapi coba dulu dehhhh

    ReplyDelete
  47. list yang singkat tapi menarik. oya, seberapa kuat sih kalo kita jadi guest post, apakah inbound linknya bisa terjamin? makasih

    ReplyDelete
  48. sangat bermanfaat...
    langsung di coba di blog saya...
    thx ^^

    ReplyDelete
  49. link building yang bagus tidak akan ada artinya jika blog kita masuk kategori blog sampah karena pengunjung akan kecewa kalau lihat blog jelek dan bisa kena ban juga kalo googlenya marah.

    ReplyDelete
  50. Ne dia yg qw cari2,tp link building emang ga ada gunanya seh,,buat blog yang ga pernah berfungsi dengan baik,salam kenal mas,qw follower yang ke-326,tukeran link mas ya,,link mas sudah digubuk aku,ditunggu balasannya

    ReplyDelete
  51. Setau saya, link exhcange itu semakin berkurang value nya di mata Google. Yg masih cukup bisa diandalkan adalah guest blogging dan article marketing. cmiiw.

    ReplyDelete
  52. terima kasih tips link buildingnya mas..., kalau pakai social bookmark saya rasa juga cukup bagus buat membangun inbound link, usahakan yang dofollow.

    ReplyDelete
  53. makasih udah posting tentang pencerahan seo..
    makasih banyak ... sangat berguna dan membantu saya untuk menerapkan seo.. hasilnya motivasi

    ReplyDelete
  54. Trims infonya, bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  55. Artikel yang sangat berguna mudah - mudahan selalu berkarya terus

    ReplyDelete
  56. makasih atas pencerahan seonya,sangat berguna gan....

    ReplyDelete
  57. yup, thanks mas. Mungkin kalo beli link mahal yah, tapi situs direktori indonesia juga ga banyak2 banget, tapi mudah2an bisa support link building deh

    ReplyDelete
  58. wah-wah, di coba satu-satu ah. .

    udah beberapa sih, tinggal sedikit lagi. .

    cape juga tiap hari melototin lapi. . hiks

    ReplyDelete
  59. Thanks for the article. I thought it was interesting.

    ReplyDelete
  60. Terima kasih info tips membangun link buildingnya

    ReplyDelete
  61. Menjadi kontributor di Artikel Marketing itu seperti apa? kurang mengerti saya om.

    ReplyDelete
  62. bermanfaat bagi saya yang masih pemula mas..
    terimaksih

    ReplyDelete
  63. makasi infonya mas, tapi saya masih bingung , bertukar link itu sama aja menaruh link teman di blogroll ya mas?

    ReplyDelete
  64. Lagi dalam masa mempelajari seputar seo, mksh infonya bro :)

    ReplyDelete
  65. heran, gw ga pernah berhasil buat link buiding, apa karena gw males yaak...moga inpo ini bisa nambah semangat gw buat link building.. thx inponya bro..

    ReplyDelete
  66. thanks for the list....tapi untuk yang terakhir kayanya saya masih belum berani deh, hehe,. oke cobain ah artikel marketing...hmmmm

    ReplyDelete
  67. iya mas, nih masih baru blog ku, lagi membangun link hehe....bermanfaat ini mas buat newbi, matur nuwun ^_^

    ReplyDelete
  68. wow... mantabz gan infona;
    kebetulan ane lg cari2 tips soal link building
    sangan membantu gan... thanks 10000X

    ReplyDelete
  69. itu masih manual semua ya caranya? kalo yang pake auto2an gitu bahaya ga ya? kalo ada yang pake auto2an tp ga bahaya gitu apa ya... tx

    ReplyDelete
  70. thank's yah mas
    kebetulan saya newbie yg lagi membangun link

    ReplyDelete
  71. Salam kenal, kalo untuk membangun link bagi website apakah sama langkah seperti pada blog???..tksh

    ReplyDelete
  72. makasih berattt,mas bro.. bermanfaat sekali. dari kemarin cari2 cara dapetnya disini..

    ReplyDelete
  73. Wah, beruntung. Akhirnya dapat juga tips buat bangun link. Trima kasih banyak telah menshare ilmunya.

    ReplyDelete
  74. Sepertinya ada yang perlu ditambahkan lagi, yaitu mendaftarkan diri ke banyak directory, syukur2 bila diterima di ODP
    Terimakasih Infonya..

    ReplyDelete
  75. Sebagai blogger pemula, tips ini sangat bermanfaat sekali buat saya..
    thanks info nya..

    ReplyDelete
  76. Benar sekali.. Saya juga seorang blogger pemula yang baru belajar. Posting ini menambah wawasan dan rasanya akan membantu saya membangun backlink! Terima kasih for sharing!

    ReplyDelete
  77. top abis, saya lagi nyari info yang kayak gini. thanks bgt

    ReplyDelete
  78. Mantap artikelnya untuk pemula seperti saya. Saya baru nyadar pentingnya backlink beberapa saat yang lalu. Dan sekarang baru semangat2nya link building. Pertanyaan saya berikutnya adalah bagaimana cara cerdas mencari forum2 dan blog2 pr tinggi yang dofollow? Btw, kaskus.us dofollow ga?
    Makasih dah sharing!

    ReplyDelete
  79. wah makasih mas atas infonya jadi mengerti gimana cara membuat link building blog dan fungsinya

    ReplyDelete
  80. makasih ya infonya :) berguna sekali

    ReplyDelete
  81. Bermanfaat tipsnya mas... moga tambah succes ja

    ReplyDelete
  82. bertukar link juga ok,siap gan,,

    ReplyDelete
  83. info yang sangat berharga..
    terima kasih banyak mas..

    ReplyDelete
  84. tips-tips kayak gini yang ane butuh...
    akan saya coba...
    thanks Bro..

    ReplyDelete
  85. terimakasih atas pencerahannya,dituggu tips SEO yang lainnya

    ReplyDelete
  86. Tipsnya sangat membantu bagi apemula kang

    ReplyDelete
  87. sangat membantu mas ilmunya...
    Belajar SEO dari jagonya,,
    maklum ane masih pemula

    ReplyDelete
  88. teknik link buildingnya ada lagi gak om?
    yang bisa langsung boost pagerank, kayak blog ini, pageranknya bisa dapet 5

    ReplyDelete
  89. klo aku sekarang masih berfokus ke submit blog ke directory...
    kedepan, pasti akan ngikut teknik link building yang ini.
    keren,, semakin terbuka deh pikiranku :)

    happy blogging*)

    ReplyDelete
  90. kyk ginian ane butuh.. tapi posting di forum dofollow maksudnya harus posting di forum dofollow ato blog dofollow gan ??

    ReplyDelete
  91. biasanya dengan link building cukup membantu blog terindex, tp sejak google penguin kok jadi susah sekali keindex ya mas?

    ReplyDelete
  92. Belajar dari masternya langsung emang lebih sip deh.. :)

    ReplyDelete