5 situs shortener url (penyingkat url)

5 situs layanan penyingkat url - Situs shortener url atau penyingkat url  merupakan salah satu tools yang dibutuhkan bagi seorang affiliate marketer dimana mereka mengkamuflasekan link affiliate mereka yang umumnya panjang menjadi url yang singkat sehingga dapat lebih meyakinkan lagi bagi calon pembeli yang tentunya dapat meningkatkan sales mereka, karena umumnya affiliate marketer mereview suatu produk atau jasa yang secara langsung tidak akan menyebutkan sumbernya, begitu juga dengan bisnis online jenis referral link yang juga menggunakan jasa situs shortener link. Namun selain itu situs shortener url ini juga digunakan bagi orang yang tidak suka dengan struktur url yang panjang sehingga bagi mereka di butuhan tools penyingkat url agar kelihatan lebih simpel :).
Sebenarnya layanan penyingkat url banyak di dunia maya, namun kali ini saya akan menginfokan 5 situs shortener url yang cukup populer di kalangan webmaster.
5 situs layanan penyingkat url :
1. goo.gl
Situs penyingkat url ini merupakan bagian dari layanan  google.com, jika anda mempunyai akun google maka akan langsung terintegrasi dengan goo.gl, lengkap dengan history pemakaian layanan shortener url ini sehingga kita tidak akan lupa dengan url panjang kita.







2. Tiny URL
Layanan penyingkat url ini cukup populer di kalangan pebisnis online internasional maupun lokal, dan kelebihan tiny url adalah kita dapat memilih url singkat yang kita mau.







3. bit.ly
bit.ly merupakan situs shortener url pertama kali saya kenal, dan situs ini juga mempunyai fitur untuk mentracking dan memberikan info yang detail mengenai traffik , referer dan lokasi ketika url singkat kita sudah digunakan.







 4. 3.ly

Nama situsnya juga sudah singkat apalagi dengan hasil url panjang yang kita singkat dengan menggunakan layanan dari 3.ly. Dan situs 3.ly mengklaim bahwa mereka merupakan layanan shortener url yang tersingkat di dunia. Ga ada salahnya sobat blogger mengunakan jasa 3.ly sebagai penyingkat url yang panjang.









5. adf.ly
Layanan shortener url ini bisa menjadi alternatif yang menarik, karena dengan menggunakan jasa adf.ly, anda selain mendapatkan url singkat juga akan di bayar :) apabila ada pengunjung lewat url singkat yang dibuat di adf.ly. Namun tentu saja sebelum masuk ke halaman yang dituju ada iklan yang harus di lihat pengunjung kurang lebih 5 detik sebelum masuk ke halaman yang sebenarnya :). Mau lihat contoh silahkan klik disini







Nah, tinggal sekarang anda memilih layanan penyingkat url untuk kegiatan promosi bisnis online anda, agar url yang panjang dan tidak menarik akan menjadi lebih simpel dan singkat :). Happy Blogging

120 comments:

  1. keren sob infonya, tapi menurut saya kebanyakan orang lebih suka menggunakan adf.ly karena ada komisinya....

    ReplyDelete
  2. dari 5 situs shortener url penyingkat url itu, saya paling suka sama "goo.gl" yg punya blog ku ini hehehehehehe....

    ReplyDelete
  3. wah keren nih om, dari 5 situs shortener url penyingkat url tersebut, yg mbayar kita cuma adf.ly ya om?

    ReplyDelete
  4. izin ctrl + s dulu gan
    btw salam kenal, kayaknya kunjungan perdanan nih
    sekalian ane follow yah :D

    ReplyDelete
  5. baru tahu saya klo google menyediakan fitur itu. hhe maklum newbie

    ReplyDelete
  6. keren sobh infonya....
    mksh ea....
    blog yang bgus...

    ReplyDelete
  7. Kalo ane biasaya pake adf.ly gan... :)
    btw thanks mas bro.. :)

    ReplyDelete
  8. Wah, ada yang mbayari kita juga toh?
    Selama ini saya cuma pake bit.ly.
    Boleh dicoba nih yang lainnya.

    Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  9. itukan ada 5 layanan tapi yang menjadi de no. 1 yang mana boss !!!!

    ReplyDelete
  10. wah saya baru tau google juga ada.. ijin ctrl+ s yah bank.. makasih...

    ReplyDelete
  11. Artikelnya menarik dan variatif semua, saya jadi iri sebagai blogger pemula. tapi saya tetap akan berusaha walaupun sedikit terseok2 dalam belajar ngeblog.

    ReplyDelete
  12. Saya makai adf,,, semoga sj site itu ga ngulah yah mas,, bisa ilang url2 yg sudah ada :D
    Assallamualaikum salam kenal mas

    ReplyDelete
  13. Kujungan pertama...
    makasih infonya...
    langsung menuju TKP

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak juga ya, aku kira cuma adf.ly aja, ketinggalan jaman nih gue,hehe..

    ReplyDelete
  15. iya,ane juga baru tahu. google juga ada. thx infonya bro.

    ReplyDelete
  16. iya tuh adf.ly lebih menguntungkan meski lama tapi lumayan ,
    makasih om

    ReplyDelete
  17. Wah, infonya bagus bro! eh mau tanya bro, lha daftarnya di penyingkat Url tu bayar apa gratis? kalau di co.cc kan gratis.
    terima kasih sbelumnya

    ReplyDelete
  18. terimakasih infonya, bisa buat pilihan nih karena bnyak pilihan, tp apakah semua penyingkat itu ga ada expirednya bos, krn dl sya pernh pake penyingkat link dan ada expirednya, namanya ane lupa, trmksh sblmnya

    ReplyDelete
  19. lumayan adf.ly buat ngais rejeki dari internet tapi bikin orang gak betah nunggu lama

    ReplyDelete
  20. baru tahu ane gan,,padahal,,aku sering gunakan itu bit.ly,ditunggu balsannya ya

    ReplyDelete
  21. baru tau ada layanan dari google. thanks

    ReplyDelete
  22. mau coba pakai yang adf.ly, tapi berdasarkan pengalaman load iklannya terlalu lama kayaknya ya gan? selain adf.ly shortener yang membayar tapi iklannya ndak berat n lama ada ndak yah?

    ReplyDelete
  23. om saya pernah nyoba salah satu situs shoortener di atas hasilnya malah singkat urlnya jadinya saya gak mau pake alna tidak sesuai dengan keinginan saya om....

    ReplyDelete
  24. doh ga deh pake adf.ly bikin kapok pengunjung aj nih spertinya
    kalo yang dari google ma tinyurl OK punya

    ReplyDelete
  25. Udah lama tahu mas tapi blum pernah coba,.

    ReplyDelete
  26. Nice info gan,.bolehlah dicoba satu2,.

    ReplyDelete
  27. Nice info gan. Ditunggu update-annya buat nambah wawasan ane. Makasih :)

    ReplyDelete
  28. ya... menurut saya juga lebih bagus tuh adf.ly
    karna kita bisa mendapatkan komisi dari sana...

    ReplyDelete
  29. kalau buat web short url sendiri gimana caranya gann ???

    ReplyDelete
  30. saya biasanya pake bit.ly.. baru tahu disini tentang goo.gl

    ReplyDelete
  31. yang goo.gl baru tahu aku gan hehehe... maklum gi blajar didunia internet, so makasih atas informasinya..!! salam

    ReplyDelete
  32. nunggu updatenya, keren infonya boss

    ReplyDelete
  33. bagus infonya gan, sy slalu pake bit.ly

    ReplyDelete
  34. iya mas......terkadang short url , namanya gak sesuai dengan keinginan kita....apakah ad a software tertentu untuk menciptakan short url sendiri ?

    ReplyDelete
  35. kalo saya sukanya sich smua layanan diatas...
    jika butuh singkat memang 3.ly lebih praktis, cma saya cendrung menggunakan google url shortener n adf.ly, slain singkat + ringkas.

    khusus adf.ly ada fasilitas menggunakan domain tersingkat!

    ok, see u on ur NEXT post! visit me if u can :D i like to exchange link with u! i have be ur follower too :D be mine, visit me!

    ReplyDelete
  36. keren nih infonya.
    tapi emang paling keren tetep adf karena bisa dapet dollar ^^

    ReplyDelete
  37. weuw mantab nih
    kayaknya perlu di coba atu persatu soale belum pernah pake thank yah gan

    ReplyDelete
  38. Saya paling sering menggunakan yang nomor 2..
    makasih banyak atas infonya.

    ReplyDelete
  39. Sangat menambah wawasan saya mas, menyingkat url sekaligus dapet receh dollar, ide yang briliant....

    ReplyDelete
  40. ia nih orang senengnya pake adfly.............. hehehe.....

    ReplyDelete
  41. sed dah 1 huruf doang tuh nama doaminnya....
    nice info..

    ReplyDelete
  42. Selain buat para aff. maeketer apakah menyingkat link ada kegunaan lain bro?? misalnya untuk keperluan blogging / SEO??? maaf pertanyaannya nubie banget... :p

    ReplyDelete
  43. Keren nih...
    saya sering pake bit.ly :)

    ReplyDelete
  44. aku baru tau ada layanan dari google, makasih bos...

    ReplyDelete
  45. nice inpo, simple tapi sangat bermanfaat..:D

    ReplyDelete
  46. aasalamualaikum mas subagya apa kabar?
    lama ndag main kesini sudah banyak perubahan. dulu pakai theme gelap sekarang terang bendereng hehehe (tabokin malah OOT)

    soal shortener kalao saya sih mending pakai bit.ly ae, setahu saya itu milik twitter kan? jadi potensi llink langgeng lebih aman. kalao yang lain mah ngerii, apalagi shortener lokal, banyak yang rusak web na.

    ReplyDelete
  47. Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.

    ReplyDelete
  48. Sy sih lebih suka jujur untuk pake link secara lengkap.

    Ada untungnya karena sekarang short URL lebih dicurigai sebagai URL ke website berisi virus atau unwanted bagi user.

    ReplyDelete
  49. Pas untuk kebutuhan saya, thanks banget.. :)

    ReplyDelete
  50. Baru tau sob, ternyata Google juga ada layanan penyingkat URLnya to?

    ReplyDelete
  51. kunjungan perdana..please visit back.. nice blog nice posting oh ya..saya follow anda..follow balik ya ..trims :)

    ReplyDelete
  52. tengkiyu sob info buat pemdekin url

    ReplyDelete
  53. ini dia yang di bayar yang aku suka.....he...he..

    ReplyDelete
  54. makasih infonya... boleh saya coba nih

    ReplyDelete
  55. info yang sangat berharga, terima kasih, lagi nyari infonya neh..

    ReplyDelete
  56. nice post... i like this blog...
    thank for share...

    ReplyDelete
  57. Hatur nuhun kang atas infonya :) ikut tanam link gan:) Mkasih ya

    ReplyDelete
  58. ane lebih suka ama yg no 1 gan

    ReplyDelete
  59. masih newbie neh .. tapi udah pake bit.ly ... keren, lumayan bagus hehe

    ReplyDelete
  60. tergantung tujuan kita juga seh. Mau hasil dari dibalik shorten link atau hasil dari shorten link tersebut ( adf.ly).

    ReplyDelete
  61. saya juga sering pake adf.ly gan
    thanks for sharing

    ReplyDelete
  62. kalo ada shorten url malah aku kira situs junk,.. kadang2 yang pake adf.ly suka muter2in biar banyak kliknya..

    ReplyDelete
  63. ane pikir bit.ly ntu hostingan ternyata shortener url

    ReplyDelete
  64. baru tahu nih ada yang kaya gt, katrok bgt gue. thanks yo

    ReplyDelete
  65. Kalo saya terbiasa pake bit.ly, terasa lebih mudah :)

    ReplyDelete
  66. bagus2...
    Aku pke goo.gl aja..

    ReplyDelete
  67. makasih infonya pak, sangat bermanfaat
    salam kenal

    ReplyDelete
  68. iyah nih, pake yang adf.ly oke juga yaa..
    bisa dapet $$ dari shortening URL saja..
    tapi ya, ada delay time yang buat para visitor males..
    hihihi..

    ReplyDelete
  69. hehe, nice artikel kawan...langsung dicoba ah, dapet dollar lagi..

    ReplyDelete
  70. Ane seh lbh suka pake goo.gl soalnya keliatan lebih keren daripada bit.ly dkk... :D

    ReplyDelete
  71. makasih infonya pak, sangat bermanfaat
    salam kenal...

    ReplyDelete
  72. pake adf.ly sih paling menjanjikan pemasukkan..
    tetapi imbasya pasti banyak visitor yang males harus nunggu 5 detik..

    ReplyDelete
  73. yups, banyak yang disalahgunakan nih si URl shortener nya..
    sengaja dibuat untuk menjebak user internet..
    harusnya di situs penyedianya juga ada filter scam yah..

    ReplyDelete
  74. iya kalo adf.ly kalo buka mesti diputer2in dulu.
    Mau nyoba yg laen nih,makasih infonya Pak..salam

    ReplyDelete
  75. keren gan infonya.... salam knl

    ReplyDelete
  76. Thanks infonya gan... sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  77. thanks referensinya sob, masih setia pake adf.ly nih, mau coba dulu yang lainnya

    ReplyDelete
  78. Terima kash mas atas informasinya,,,sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  79. Sempat ga kepikiran untuk nyari penyingkat url karena dah beberapa kali pake domain bebayar. Cuma, belakangan ada keinginan googling yang gratisan karena pingin buat lagi blog baru buat belajar bisnis affiliate. Ketemu deh di blog ini..
    Makasih sharingnya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  80. waaah... baru tau aku ternyata google punya shortener url juga yah..
    biasanya aku pake nya tiny url terus..
    boleh di coba nih..

    ReplyDelete
  81. saia juga suka pake bit.ly disana ada j.mp yg lebih pendek lagi dan yg lebih saya suka bisa mengedit nama di belakangnya

    ReplyDelete
  82. ada lagi penyingkat url nmanya zpag.es bro..
    tapi aku suka pake adf.ly saja

    ReplyDelete
  83. terima kasih sudah mau share. dan baru tahu kalau google punya fasilitas ini

    ReplyDelete
  84. Sebetulnya, manfaat punya short url apa ya? selain tentunya jadi lebih singkat dan mudah diingat, ada lagi manfaat lainnya? maaf...lagi bener2 belajar nih...

    Makasih banget infonya...

    ReplyDelete
  85. Terima kasih atas tulisannya, saya jadi tambah pengetahuan, tapi saya lebih memilih go.gl karena
    masih baru dan punya google

    ReplyDelete
  86. Haha, tetep yang jadi pilihan adf.ly y gan, sekalian ngejar setoran

    ReplyDelete
  87. thanks, gan...
    ane biasa pake adf.ly, mayan recehan....

    ReplyDelete
  88. Trims banget nih... nambah lg info penyingkat url...
    Sy coba langsung :)

    ReplyDelete
  89. langsung ke TKP...

    ReplyDelete
  90. penggunaan penyingkat url ya tergantung kebutuhan

    ReplyDelete
  91. thanks infonya...sangat membantu,

    ReplyDelete
  92. Sebelum membaca tulisan ini, saya tidak mengetahui akan adanya situs penyingkat url. Sebenarnya saya ingin menguji cobakan pada blog saya. tapi saya ingin membaca sekali lagi. tentang kegunaan situs penyingkat url tersebut di atas. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  93. ijin nambahin gan :

    hial.info
    tiny.cc
    is.gd
    gzg.in
    yourls.org
    mrte.ch
    x.com

    banyyaaak lagi

    ReplyDelete
  94. kalo saya lebih sering makai tinyurl, lebih enak di ingat

    ReplyDelete