Kekuatan sosial media

Dalam beberapa tahun terakhir ini kita telah melihat bagaimana kekuatan sosial media menjadi bagian penting dari optimasi mesin pencari. Seperti pada kehidupan yang sesungguhnya bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang setiap individu ingin berinteraksi dengan individu lainnya, dan tentunya manusia juga termasuk makhluk yang haus akan informasi. Perlu dipahami juga bahwa sosial media memainkan peranan utama dalam sebaran informasi melalui internet yang merupakan gerbang informasi tanpa batas yang bisa di akses dimanapun. Sebagai contoh; Shinta dan Jojo yang terkenal mendadak dengan lipsync lagu Keong Racun dengan menggunakan media youtube, yang mengantarkan mereka menjadi artis dadakan dan sempat menjadi bintang iklan sosis :).
Pada intinya jika hal ini di manfaatkan pada bisnis kecil atau besar, sosial media memiliki keuntungan yang besar bagi setiap bisnis tersebut. Hal ini selaras juga dengan algoritma terbaru Google hummingbird yang menekankan pada peran sosial media untuk optimasi di mesin pencari. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan bagi pemilik usaha kecil untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan kekuatan sosial media.
Mengapa anda harus gunakan sosial media untuk bisnis anda? 
Seperti namanya, Sosial Media adalah nama yang diberikan untuk teknologi berbasis web atau mobile yang digunakan untuk mengubah komunikasi interaktif antar sesama penggunanya. Dialog interaktif ini dapat antara organisasi, masyarakat dan bahkan individu. Internet sebagai media penyebaran informasi yang memungkinkan jutaan orang untuk berhubungan satu sama lain dan jelas hal ini merupakan sasaran bagi orang-orang yang memiliki bisnis untuk menggunakan internet sebagai media promosi bisnis mereka kepada orang-orang di seluruh dunia dengan menggunakan aplikasi sosial media berbasis web.
Strategi marketing sering kali menggunakan metode lama seperti menggunakan strategi iklan dengan cara tradisional (beriklan di koran, radio, televisi) dan hal ini di rasa tidak cukup untuk membuat bisnis anda semakin berkembang. Saatnya anda menggunakan kekuatan sosial media untuk lebih membuat hal interaktif pada strategi marketing anda. Terlebih lagi , saya yakin anda pasti telah memperhatikan perubahan dalam pergeseran dari periklanan tradisional. Sekarang banyak orang mengkonsumsi lebih banyak iklan online dari pada media cetak atau menggunakan televisi atau radio.
Sosial media pada tahun belakang ini semakin berkembang sebagai contoh lihatlah facebook yang dulu awalnya merupakan startup yang di buat di kamar mahasiswa harvard Mark Zuckerberg sekarang merupakan jejaring sosial media terbesar di dunia dan mengantarkan para pendirinya menjadi milyuner. Dengan basis pengguna di atas lebih dari 500 juta pada tahun 2010, dan dengan pendapatan lebih dari $ 3,71 milliar pada tahun 2011.
Saran saya jika anda sebagai pemilik bisnis, saat ini masih tidak menggunakan situs seperti Facebook, Google plus, Twitter, yang jelas merupakan sosial media terbesar dan terbanyak dari sisi pengguna, maka anda akan kehilangan banyak kesempatan atau peluang untuk mendapatkan keuntungan. Ingat semakin banyak orang berkumpul semakin besar peluang anda menjual. Belum lagi google sebagai situs pencarian yang paling banyak digunakan, mulai menggunakan algoritma sosial media untuk meningkatkan hasil pencarian di situs mereka. Itulah kekuatan sosial media... Happy blogging

42 comments:

  1. Benar mas subagya, sangatlah disayangkan jika kita tidak memaksimalkan sosmed dalam membangun website, apapun jenisnya :)

    ReplyDelete
  2. Saya baru belajar memaksimalkan facebook untuk promosi website saya mas.

    ReplyDelete
  3. Social media merupakan alat promosi yang baik saat ini,hanya saja masih banyak yang belum memanfaatkannya secara tepat.

    ReplyDelete
  4. selamat Pagi Sob. saya juga menggunakan Media Sosial untuk memperomosikan ke 7 website bisnis online yan g saya kelola, saya biasanya menggunakan google Plus, Facebook dan Twitter...

    ReplyDelete
  5. benar sekali....kekuatan sosial media cukup praktis... gratis dan sangan menjangkau berbagai lapisan.. ada baiknya web bisnis langsung terposting otomatis di sosial media tsb. nice info....thanks

    ReplyDelete
  6. @ All : Kekuatan sosial media saat ini bisa menunjang strategi marketing bisnis anda, maksimalkan penggunaan sosial media, dan perlu diingat kekuatan dari sosial media adalah interaktif dengan sesama penggunanya dan perlu dipahami juga untuk membangun jaringan terlebih dahulu. semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  7. termakasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Berpromosi lewat sosial media sangat efektif untuk sarana berpromosi di dunia maya.

    ReplyDelete
  9. termakasih infonya, visit blog dofollow saya juga ya gan :)

    ReplyDelete
  10. social media yang saya maksimalkan adalah facebook, menggunakan FB Ads

    ReplyDelete
  11. Kata para mastah, sebentar lagi teknik optimasi dunia blogging akan beralih dari SEO ke SMO

    ReplyDelete
  12. sosial media memang sangat penting juga ya mas subagya, dalam menjalankan bisnis online kita, dan untuk menaikan page rank juga.
    thanks mas subagya infonya
    sukses terus mas

    ReplyDelete
  13. @Daniel : SMO menurut saya bagian dari SEO juga yang masih mengandalkan mesin pencari, namun sosial media sebagai salah satu bagian dari optimasi tersebut kang :D

    ReplyDelete
  14. Jejaring sosial itu memang punya efek yang sangat besar, apalagi untuk bisnis. Sekarang bahkan banyak online shop bermunculan, jadi banyak pengusaha2 muda indonesia :) Semangat enterpreneur dan sociopreneur! :D

    ReplyDelete
  15. sangat mempunyai efek yang begitu besar dengan dampaknya

    ReplyDelete
  16. Mau gak mau harus pakai media sosial

    ReplyDelete
  17. Faktanya hampir setiap hari kita tidak pernah luput dari apa yg namanya jejaring sosial , karna lama kelamaan jejaring sosial seperti kebutuhan yg wajib.. :D

    ReplyDelete
  18. Memang terbukti sosial media sangat menguntungkan

    ReplyDelete
  19. Sosial media memang sangat bermanfaat gan.

    ReplyDelete
  20. salah satu traffic tertinggi saya ada dari social media, tergantung bagaimana memanfaatkan dan menyaring "calon pengunjung" dan mengemasnya menjadi semenarik mungkin agar bisa mendapatkan trafik yang "berkualitas"

    ReplyDelete
  21. memang saya dari dulu mengandalkan sosmed sebagai media promosi, keuntungan nya pun banyak, salah satunya peminat yang berdatangan ketika saya promote di sosmed :D

    ReplyDelete
  22. sosmed jika tdk dibarengi seo...lumayan cape ya....yg utama seo tetep. sosmed pendukung aja...............hehe

    ReplyDelete
  23. Benar mas subagya, sangatlah disayangkan jika kita tidak memaksimalkan sosmed dalam membangun website, apapun jenisnya :)

    ReplyDelete
  24. Media sosial memang sangat menunjang sekali dalam membantu promosi dalam mempopularitaskan sebuah blog atau situs.

    ReplyDelete
  25. memang banyak untung nya , tapi juga banyak yng menyalah gunakannya

    ReplyDelete
  26. sosmed, memang memberi sedikit ruang gerak ya kang, dalam artian selain untuk berinteraksi dengan teman juga bisa sekalean buat promosi blog kita.

    ReplyDelete
  27. smo gue aja baru share article dh g+ dan FACEBOOK lumayan dapat pengunjung di tunggu update an artikel terbarunya

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. Faktanya hampir setiap hari kita tidak pernah luput dari apa yg namanya jejaring sosial , karna lama kelamaan jejaring sosial seperti kebutuhan yg wajib.. :D

    ReplyDelete
  31. Bener juga ya mas,, dengan adanya media sosial di jaman sekarang lebih mempermudah dalam komunikasi dan juga menjadi wadah bisnis online dgn penjual yg laris..

    ReplyDelete
  32. Memang terbukti sosial media sangat menguntungkan

    ReplyDelete
  33. sosmed memang salah satu cara untuk mendatangkan visitor, terima kasih artikelnya kawan..

    ReplyDelete
  34. justru dengan adanya socmed bisa mempermudah mempromosikan blog kita

    ReplyDelete
  35. sosial media emank ga bisa di sepelekan.

    ReplyDelete
  36. saya juga menggunakan bantuan sosmed untuk membantu promosi website saya

    ReplyDelete
  37. Dengan adanya sosmed, mempermudah kita juga dalam berpromosi jual beli barang, meskipun orang tersebut belum menguasai internet sekalipun..

    ReplyDelete
  38. Banyak pelaku bisnis online yg menjual produk hanya menggunakan sosmed namun sukses besar tanpa memiliki website resmi, dan tidak jarang artikel atau konten muncul pd halaman pertama google walau artikel tsb di publish hanya lewat FB, hal ini wajar oleh karna beberapa sosmed misal FB mempunyai page rank 9, dan alexa rank 2 setelah google, dgn mengoptimalkan sosmed kt bisa mendapatkan manfaat yg besar, anyway thanks kang subagya atas artikel yang luar biasa ini.

    ReplyDelete
  39. Kita memang harus bisa memanfaatkan semua ini mas, ada peluang harus kita ambil.
    mantap banget ini infonya :)

    ReplyDelete
  40. Kekuatan sosial media memang sangat terbukti, betul-betul membuka peluang yang sangat besar untuk strategi pemasaran.

    ReplyDelete
  41. Sosmed sangat dibutuhkan untuk promosi blog

    ReplyDelete