Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Yups, kali ini saya sebagai newbie akan mencoba membuat tutorial bagaimana cara membuat template atau theme wordpress sendiri secara sedehana, yang tentunya untuk para master tutorial ini masih sangat jauh dari harapan karena memang tutorial membuat theme wordpress ini hanya menyajikan dasar-dasar dalam pembuatan template wordpress secara sederhana ala mochal :p. Tutorial membuat template atau theme wordpreess akan saya bagi ke dalam beberapa tahap sehingga nantinya memudahkan sobat blogger memahami tiap-tiap tahapannya. Saya sarankan sobat sudah familiar dengan kode-kode CSS, HTML dan PHP walaupun masih pada tingkat dasarnya, karena saya tidak akan mengajarkan sobat  html, css dan php di sini. sobat blogger perlu mempelajari mereka secara tersendiri. Ada banyak tutorial yang tersedia di internet untuk mempelajari bahasa program tersebut. Saya yakin sobat blogger dapat menemukan mereka dengan mudah, setidaknya agar menjadi panduan dalam membuat theme worpress sendiri. Hal dasar yang perlu disiapkan adalah beberapa program pendukung seperti PHP editor, Dreamweaver, Ultra Edit (UE). Program-program tersebut sebagai program editor untuk skript PHP di sini saya memakai Ultra Edit untuk mengedit skrip PHP dan jangan lupa untuk menginstall wordpress ke dalam komputer lokal (local host) agar nantinya memudahkan kita dalam mengedit, mengupload perubahan pada theme wordpress karena cara ini lebih cepat ketimbang melakukannya secara online.

Pada dasarnya prinsip pembuatan theme wordpress dan blogspot tidak jauh berbeda dalam hal struktur layout template. Berikut struktur layout template worpress sederhana :




Gambar di atas merupakan layout template wordpress secara garis besar, bisa kita bagi ke dalam beberapa bagian  : Header, Main, Sidebar dan Footer
  • Header : berisi judul atau deskripsi dari blog kita. bagian ini juga bisa di modifikasi sesuai kebutuhan sobat
  • Main : merupakan suatu blok area yang umumnya berisi post, date post, post footer, comments block, dan post meta.
  • Sidebar : merupakan suatu blok area yang umumnya berisi widget-widget
  • Footer : merupakan suatu blok area yang berada di bawah dan umumnya berisi data catatan mengenai copyright pembuat template
Kalau sobat sudah paham dengan sutruktur layout wordpress tersebut, bisa kita bagi menjadi beberapa section utama untuk theme wordpress :

index.php
header.php
sidebar.php
footer.php

Yang nantinya 4 section utama tersebut akan membentuk sebuah theme atau template wordpress. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, tutorial membuat theme wordpress akan di lanjutkan pada postingan berikutnya. Jadi buat sobat blogger yang penasaran sama tutorial cara membuat theme wordpress sendiri silahkan berlangganan via email ataupun menjadi follower agar mendapatkan update-update berita terbaru dari blog sederhana ini :d.

About Subagya

Hello readers, im Guruh Subagya, i'm start blogging at 2008, i'm person who interest with technology, blogger, and others stuff related to internet marketing. Hope you enjoy with my post information. Happy Blogging
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

29 comments:

  1. Sebelumnya sih sempat penasaran ingin bisa bikin theme wordpress sendiri, setelah membaca artikel ini jadi lebih tahu tentang dasar-dasar membuat theme wordpress, sip dech.. ditunggu kelanjutan. Mudah-mudahan ke depannya bisa bikin theme WP sendiri.

    ReplyDelete
  2. Sip, ditunggu kelanjutannya bos.

    ReplyDelete
  3. Waw... Main WP juga sekarang boss. Sudah berpindah ke lain hati neh... Hahaha...

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas petunjuknya
    langsung saya coba

    ReplyDelete
  5. siip mas..tak tungguin yang selanjutnyaaaa... aku ada pertanyaan mas...kalo buat tema sendiri, trus mau di upload ke host, apa harus di validasi ya??? saya uda coba buat tema asal, terus mau ta onlinekan, tapi gagal katanya mas..

    ReplyDelete
  6. artikel yang sangat membantu bagi newbie (saya)
    hehehe...

    ReplyDelete
  7. mantap...
    step by step biar gmpang dplajari...
    dtunggu bg. slnjutnya..mantab bos...

    ReplyDelete
  8. @ gadget : ok bro di tunggu kelanjutannya
    @ deddy : heheheheh.. sudah di post kang kelanjutan cara membuat template wordpress
    @ anthony : hehehehehehe biar lebih advance lagi om, ga hanya di situ-situ aja
    @ sewa : silahkan
    @ ewegombel : maksudnya validasi apa ya kang?
    @ bee : ho oh kang memang ribet :d
    @ jorbin : ok kang

    ReplyDelete
  9. saya mau coba aplod tema edit2 an saya tapi setiap uplod ke dasboardnya malah can't run zip..katanya kang??? help me master!!

    ReplyDelete
  10. @belog : wah saya biasanya sudah di extrax kang trus uploadnya juga lewat FTP

    ReplyDelete
  11. nice..top post
    ijin tukeran link bos :)

    ReplyDelete
  12. berguna nih bagi saya yg belum bisa bahasa HTML, thanks udah share

    ReplyDelete
  13. Itu khan hanya dasarnya, padahal bentuknya ada macam-macam, dan file yang penting hanya 2 yaitu index.php dan style.css

    ReplyDelete
  14. lanjutannya dunk... cara bikin temp, sendiri.... kekna bisa lebih banga... aliah gimanaaaaa gitu..

    ReplyDelete
  15. Terima kasih utk infonya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Kebetulan saya \sedang belajar membuat theme, nyari di google bisa nyasar di sini dan pembahasannya begitu lengkap.. Lanjutkan...!!!

    ReplyDelete
  17. thanks bro, saya juga lagi belajar membuat theme wordpress

    ReplyDelete
  18. ane bisa nyasar kesini kebetulan dari google.. kalau pakai software themes generator itu gmn ya ? ane cari lom ketemu :D

    ReplyDelete
  19. waduh postinganya kok belum kelar bikin penasaran aja nih empunya, tapi mas mau coba bikin theme memakai software Artisteer..

    ReplyDelete
  20. @moneska : kalau make artisteer memang memudahkan kita kang, karena cuman pilih layout dan desain aja, sayangnya artisteer merupakan software berbayar :)

    ReplyDelete
  21. waduh menurut saya blogger lebih mudah untuk edit edit layout

    ReplyDelete
  22. ditunggu kelanjutannya masbro,.klu sy ntk pake theme wordpress aja masih cari2 tutorialnya,apalagi sampe bikin theme sendiri,wis pokoke mantap.

    ReplyDelete
  23. The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept. Thank you for the post.

    ReplyDelete
  24. yang ginian nih,yang bikin Indonesia maju...salut n jempol bro,lanjut...Thanks.

    ReplyDelete
  25. makasi infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete


Top