Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Era saat ini dimana para penggila gadget khususnya smartphone akan terus mengikuti perkembangan teknologi jaringan saluran data dimana smartphone terus semakin pintar, dan ponsel 4G yang cerdas sejauh saat ini ada. Namun, perlu diingat bahwa perjalanan dari ponsel 4G adalah merupakan suatu perjalanan yang panjang dan menarik untuk diikuti. Pada awalnya, "ponsel" hampir sama dengan walkie-talkie atau radio CB dengan jumlah frekuensi yang terbatas; dimana komunikasi dengan menggunakan teknologi ini terbatas, tidak bisa berkomunikasi secara bersamaan, salah satu pengguna harus diam terlebih dahulu dan baru berbicara setelah pengguna lainnya diam.
Kemudian pada generasi pertama, atau 1G, teknologi analog diperkenalkan pada era 1970-an. Menggunakan perangkat seperti sistem ponsel canggih (AMP), telepon seluler Nordic (NMT) dan jumlah sistem komunikasi akses (TACS), dimana bisa menangani lebih dari 359 saluran suara secara simultan, dengan kecepatan puncak mencapai kecepatan pada 14,4 kbps. Telepon selular yang digunakan untuk transmisi suara hanya berupa panggilan.
Satu dekade kemudian, analog diubah menjadi digital dalam era pengenalan teknologi 2G, yang menggunakan sistem global untuk komunikasi mobile (GSM). Selain GSM, sistem lain yang digunakan adalah AMPS digital, dan kode-division multiple access (CDMA) serta komunikasi Personal Digital (PDC). Dengan keluaran kecepatan fekuensi 9,6-14,4 kbps, ponsel 2G memungkinkan beberapa pengguna pada satu saluran dan digunakan untuk juga sebagai transmisi digital dari panggilan suara dan data, dalam bentuk data faks pesan singkat pengiriman atau lebih dikenal dengan SMS (short message servis).
Layanan tambahan yang didukung oleh 2G termasuk protokol nirkabel aplikasi (WAP), pesan suara dan pemberitahuan pesan suara layanan, layanan lokasi mobile, siaran seluler dan pilihan untuk berpindah dari satu operator selular yang lain sementara tetap mempertahankan nomor lama anda.
Kemudaian di kembangkan Teknologi 2.5G yang mengandalkan penggunaan layanan general packet radio data (GPRS), 'upgrade' dari GSM. Upgrade ini termasuk dukungan untuk mengirimkan grafis yang berat data lebih cepat melalui e-mail, dan menandai kepeduliannya melalui layanan multimedia dan awal dari penggunaan layanan streaming. Beberapa model ponsel juga disediakan untuk web browsing.
Setelah era platform 2.5G, kemudian muncul teknologi generasi ketiga, atau 3G, dikembangkan. Dengan dukungan untuk fitur multimedia lebih ditingkatkan, yang memungkinkan transmisi video, audio, dan aplikasi, serta kualitas yang lebih baik dari streaming. Pada kecepatan puncaknya, dapat mencapai hingga 3,1 Mbps dan dengan demikian mampu mempertahankan kecepatan data yang sangat tinggi. Bandwidth yang lebih tinggi - dari 384 Kbps ke 2 Mbps - dapat juga mendukung video conference. Portabilitas seluruh jenis perangkat yang berbeda seperti PDA dan telepon. Kemudian antarmuka lewat udara, lingkungan data GSM disempurnakan menjadi (EDGE) dan dikatakan mampu menutupi antarmuka nirkabel di seluruh Eropa, Asia dan Amerika. Kemudian teknologi 3.5G diluncurkan, dengan berkonsentrasi pada kecepatan yang lebih cepat untuk mendukung terus peningkatan kebutuhan data pengguna. Dari 3,1 Mbps yang ditawarkan oleh 3G, 3.5G menawarkan 14,4 Mbps kecepatan puncak.
Lalu datanglah 4G.
Kecepatan telah meningkat untuk teknologi dengan menggunakan 4G, yang dirancang untuk bersaing dengan data yang sangat tinggi permintaan akses yang digunakan oleh berbagai layanan. Dijuluki sebagai yang tercepat di antara standar yang dikembangkan selama beberapa tahun terakhir, dikatakan untuk dapat mencapai kecepatan 100Mbps pada saat mobile dan 1 Gbps pada saat stasioner. Ketika datangnya era video dan audio, high-definition (HD) streaming yang telah didukung dengan penggunaan teknologi 4 G dan model ponsel dibuat dengan kemampuan HD untuk menampung data yang besar tersebut.
Dari tren selama beberapa dekade, tidak menutup kemungkinan atau terlerlalu mengada-ada bahwa teknologi 5G hanya menunggu waktu. Yang pasti, teknologi 5G tersebut akan menawarkan kecepatan lebih cepat atau bahkan sangat cepat bagi pengguna dan membiarkan mereka menggunakan bandwidth yang tersedia secara lebih efisien. Teknologi secara terus menerus berkembang mengikuti tren penggunaan data termasuk teknologi komunikasi. Sesuatu yang akan lebih cepat, lebih keren dan lebih kuat akan dikemas dengan fitur yang semakin canggih dan kemungkinan tersebbut akan dikembangkan di masa depan, tapi saat ini, ponsel 4G adalah ponsel paling cerdas yang tersedia di luar sana.

About Subagya

Hello readers, im Guruh Subagya, i'm start blogging at 2008, i'm person who interest with technology, blogger, and others stuff related to internet marketing. Hope you enjoy with my post information. Happy Blogging
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

12 comments:

  1. mantap gan perkembangan teknologi sekarang, , klw kita gak ikuti bisa ketinggalan kereta :D

    ReplyDelete
  2. bener gan, teknologi berkembang sangat cepat seperti waktu... seepat kilat

    ReplyDelete
  3. di era globalisasi perkebangan teknologi makin gila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan kitanya yang gila kang hehehehe

      Delete
  4. Informasinya sangat menarik mas tentang smartphone masa kini. Makasih banget ya

    ReplyDelete
  5. Memang smartphone masa kini semakin menarik perhatian tapi buat seorang seperti saya hal seperti ini hanya bisa menjadi Artikel Informatif yang bisa menambah pengalaman saja tanpa bisa membeli smartphone impian.Hehe makasih banget kang atas Informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ada niat kang bisa kok memiliki smartphone

      Delete
  6. smartphone udah bisa mencapai 4G tapi dukungan jaringan untuk indonesia masih kurang jelas

    ReplyDelete
  7. sayangnya, di Indonesia untuk sinyal 3Gnya aja belum merata terutama untuk untuk daerah pedesaan

    ReplyDelete


Top