Eksistensi diri anda


Seberapakah terkenalnya diri anda di dunia ini? Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial dan senang untuk di perhatikan oleh sesamanya, dengan konsep dasar ini timbul berbagai macam layanan di internet seperti social network atau situs jejaring sosial, kemudian layanan untuk melakukan blogging, dan layanan untuk microblogging. Karena dengan berbagai macam layanan tersebut membuat diri kita menjadi eksistensi di dunia maya, pernakah sobat berpikir untuk menulis nama lengkap sobat di situs pencarian? umumnya apabila kita baru kenal dan belum pernah mengikuti layanan tersebut  betapa kaget dan shocknya ketika hasil pencarian menunjukkan zero result alias nihil!! atau bisa juga nama lengkap sobat muncul dalam hasil pencarian namun identitas tersebut milik orang lain. Perlukah kita mengeksistensikan diri kita? Menurut saya hal tersebut perlu karena bagaimanapun juga apresiasi terhadap diri sendiri di perlukan dalam bentuk apapun termasuk eksistensi sobat di dunia maya. Untuk mendukung hal tersebut saya sediakan list berberapa layanan social networking yang mungkin bisa membantu sobat lebih mengapresiasikan diri sendiri, berikut listnya di bawah :

Social Networking

Facebook merupakan layanan social networking yang sekarang terkenal di seluruh dunia sifatnya umum.
Friendster cukup terkenal di Southeast Asia namun sudah kurang populer di barat.
Hi5 Populer di India, Portugal, Mongolia, Thailand, Rumania, Jamaika, Afrika Tengah dan Amerika Latin. Namun tidak populer di Amerika Serikat.
Fubar situs dating dan khusus untuk 18 tahun ke atas
Bebo terbuka untuk usia 13 tahun keatas dan sifatnya umum
Blogster merupakan layanan blogging yang memungkinkan pengguna untuk "menambahkan teman" atau hubungan bisnis ke profil mereka
Care2 sebuah kominatas lebih ke arah aktivitas untuk sosial
Orkut Popular di Brazil dan India Owned by Google inc

Microblogging Services

Twitter layanan microblogging cukup terkenal di Unites State
Youare  Micro-blogging
Plurk   Micro-blogging, RSS, updates. sangat popular di Taiwan.
Jaiku Owned by Google inc

Blogging Service

Blogspot platform blogging owned by Google inc
Wordpress merupakan CMS (Content Management System) yang cukup populer
Multiply kurang populer di barat tapi di asia cukup populer

Masih banyak layanan social networking yang belum saya list di atas, namun hal ini sudah bisa mengeksistensikan diri sobat di dunia maya.
     

16 comments:

  1. kalo saya paling suka yang ada game poker zynganya aja om

    ReplyDelete
  2. makasih banyak atas sharingnya.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  3. @ job review : hehehehehe awas nanti bisa ketagihan di kehidupan nyata kang
    @ setiawan : sama-sama kang

    ReplyDelete
  4. terlalu banyak ikut malah jadi banyak gak keurus..

    ReplyDelete
  5. saya eksis (kadang2) tapi ndak terkenal..jangankan terkenal, mengenal diri sendiri saja saya belum bisa...hihi

    ReplyDelete
  6. @piyen : iya juga sih hehehehhe
    @herro : jah mang dasar
    @belog : huheuehuehue bisa aja nih kang belog

    ReplyDelete
  7. wah ternyata masih banyak yang blm ku kenal social networknya...tapi ikut yang paling populer aja deh!!!biar ga ribet urusnya

    ReplyDelete
  8. xexexe, nggak mau terlalu eksis jg ah kang, repot nanti klo banyak penggemar, xixixi

    ReplyDelete
  9. lumayaaaaaaaa... baik layanan jejaring sosial, microblogging maupun blogging bisa untuk ajang aktualisai diri

    ReplyDelete
  10. Hallo, Salam kenal, Saya derry, ini pertama kalinya Saya berkunjung ke Blog ini.
    Sebagai salam perkenalan, izinkan Saya memasang Link Anda di blog Saya sbg pengingat alamat UrL agar mudah mengujungi kembali blog ini.
    Link Anda telah di pasang di bLog Saya http://sinjayschool.blogspot.com/ di bagian “My Friends” dg Anchor Text “Subagya”.

    ReplyDelete
  11. kalau aku sih ya, pilih jaringan atau situs-situs yang mudah untuk berkomunikasi lah.

    ReplyDelete
  12. wah ternyata banyak banget aplikasi situs jejaring sosial, aku masih banyak yg belum daftar tuh

    ReplyDelete
  13. thanks ya atas infonya...salam kenal ya.

    ReplyDelete